MANFAAT IKAN SELIMANG BATU

Manfaat Ikan Selimang Batu
==========================



Ikan Selimang Batu termasuk  ikan yang bisa di buat obat seperti Obat Titan Gel dalam genus Crossocheilus dan spesies Crossocheilus oblongus. Habitat ikan ini masih banyak tersebar dibagian wilayah Hulu tepatnya di perairan Sungai Kampar tengah DAS Kampar Riau, di Desa Langgam, Kabupaten Pelalawan. Kegemaran dari jenis ikan ini senang berada ditempat yang memiliki arus yang agak kencang (deras) dan berbatu.

Masyarakat lokal menyebut dengan nama Selimang Batu karena Ikan ini biasanya mengonsumsi lumut-lumut pada batu.Selain itu juga memiliki 6 sirip selain sirip dibagian ekor, serta mempunyai cirri khas kepala yang sedikit bulat dan badan bersisik hitam putih dan mengkilat. Hidup leluasa bergerak lincah.


1. Menyehatkan Sistem Kardiovaskuler

Mengkonsumsi ikan selimang batu ternyata bermanfaat dapat mencegah terkena penyakit berbahaya seperti serangan jantung. Namun Anda juga harus jeli memilih ikan yang segar jangan sampai mendapatkan yang sudah terkontaminasi, olahan ikan yang sehat dapat mencegah terjadinya akumulasi trigliserida, dan mencegah adanya pembekuan darah. Dengan itu akan memudahkan sistem kerja kardiovaskuler.
2. Menstabilkan Tekanan Darah Tinggi

Bagi Anda yangterkena tekanan darah tinggi, ada baiknya apabila anda mencoba mengonsumsi ikan selimang batu, karena berkhasiat menstabilkan darah tinggi.Selain itu juga tidak akan memicu terserang penyakit stroke. Oleh karena itu rutinlah makan selimang batu minimal satu kali dalam satu minggu.
3. Mencegah Kanker Usus Besar

Seseorang yang mengalami kanker usus besar itu rasanya sakit sekali, lemah, dan harus runtin cek up ke dokter, teratur kemoterapi, serta proses penyembuhannya pun lumayan lama. Namun jangan khawatir karena dengan mengonsumsi ikan selimang batu dapat membantu mencegah terkena penyakit tersebut.
4. Memperbaiki Gizi Buruk

Kandungan gizi serta vitamin yang ada pada ikan selimang batu dapat berkhasiat membantu memperbaiki gizi buruk. Dengan mengonsumsinya secara rutin dapat mencukupi asupan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia sehingga fungsinya dapat berjalan dengan lancer, tanpa adanya hambatan.
5. Mengandung Fosfor

Ikan selimang batu didalamnya mengandung fosfor yang bermanfaat sekali bagi kesehatan tubuh manusia yaitu dapat memperkuat tulang, sehingga terhindar dari pengeroposan tulang atau mencegah osteoporosis. Selain itu juga dibantu oleh vitamin D untuk memperkokoh struktur tulangnya.
6. Mencegah Kolesterol Tinggi

Dengan mengonsumsi ikan selimang batu secara teratur dan dalam pengolahanya dilakukan dengan cara ditim maupun dipepes akan membantu mencegah kolesterol tinggi. Sebab kadar lemaknya tergolong rendah, tidak menimbulkan penumpkan lemak jahat di dalam tubuh Anda.
7. Mengandung Vitamin A

Kesehatan mata anda akan senantiasa terjaga kesehatanya, caranya bisa dengan rutin mengonsumsi ikan selimang batu, sebab didalamnya terdapat kandungan vitamin A yang berkhasiat melindungi dari iritasi, menjernihkan penglihatan dan mencegah mata minus. Maka dari itu anda perlu mencoba memakannya.
8. Mencegah Terjadinya Peradangan

Asam lemak omega 3 yang ada pada ikan selimang batu sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya peradangan serta mencegah resiko terkena penyakit arthritis. Hal tersebut dapat terjadi sebab kandungan tersebut mampu mengikat radikal bebas yang menjadi penyebab utama terserang penyakit tersebut.
9. Mencegah Depresi

Rutin mengkonsumsi ikan selimang batu sangat berkhasiat untuk mencegah terjadinya depresi pada manusia. Hal tersebut dapat terjadi karena didalamnya terdapat kadar asam lemak Omega 3 yang tergolong tinggi sehingga sangat membantu sekali menngkatkan mood.
10. Mengobati Sakit Kepala

Terkadang sakit kepala muncul ketika kita sedang melakukan kegiatan, jika seperti itu rasanya menyebalkan sekali, aktivitas pun menjadi terganggu. Oleh karena itu cobalah mengonsumsi ikan selimang batu untuk membantu menyembuhkannya.

Komentar